Minggu, 01 Januari 2012

Pilihan Profesiku

Memang hidup ini penuh dengan pilihan. Jika anda memilih suatu profesi maka hal ini dimulai sewaktu anda memilih Bidang Profesi apa yang anda hendak pelajari dan memperoleh Ilmunya. Saya Dendy Damhudi, lahir pada tanggal 4 maret 1991 yang sekarang sedang menuntaskan Kuliah S1 dengan Jurusan Sistem Informasi. Apa pilihan Profesi saya? tentunya masih berpikir profesi apa yang akan saya ambil? oleh karena itu mulai dari sekarang saya harus mendalami jurusan saya agar bisa menjadi orang yang sukses. setelah sarjana, tentunya saya akan mencari pekerjaan untuk menghidupi kehidupan saya. salah satunya dengan cara memilih profesi apa yang akan saya ambil nanti. Saya berrkeinginan menjadi data base admintrator. Apa itu Database Administrator? Database Administrator atau biasa disingkat DBA ialah seseorang yang bertanggung jawab atas sebuah database. Dimana DBA tersebut memiliki tugas untuk mengelola, memberi akses bagi siapapun yang akan mengakses database, dll. Dengan kata lain, Database Administrator (DBA) adalah admin database.

Kewajiban seorang database administator memang cukup berat, namun hal itu sesuai dengan hak yang ia peroleh. Seorang DBA pasti tahu segala sesuatu tentang database, mengerti tentang perintah SQL dan blok PL/SQL. Namun, bila terdapat sebuah masalah pada sistem databse, maka DBA inilah yang akan menyelesaikan masalah tersebut.

Berikut beberapa tugas seorang Database Administrator (DBA):
  • Instalasi dan Upgrade software system Oracle.
  • Instalasi dan perawatan aplikasi yang berjalan diatas sistem Oracle.
  • Membuat database, tablespace, table, view, index dan obyek databaselainnya.
  • Membuat dan memonitor pemakai dan penggunaan sistem, termasuk system pengamanannya (security).
  • Memonitor penggunaan space (disk) dan perencanaan pengembanganhardware dan software kedepan.
  • Memonitor unjuk kerja system (performance tuning) dan mengubahparameter sistem sejauh dibutuhkan dan mengoptimasi sistem
  • Membuat strategi dan mengimplementasikan backup dan recovery.

Intinya, untuk menjadi seorang database administrator harus menguasai tentang database itu sendiri, tetang relasi, optimasi, manage constraint, fungsi & stored procedure.

Nama : Dendy Damhudi
NPM : 15109327
Kelas:3KA04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar